Nasional

Mendag Lepas Ekspor Kopi USD 1,2 Juta ke Mesir

“Rencananya, importir tersebut akan meningkatkan permintaan untuk kopi dari Indonesia sebanyak 6 ribu ton tahun depan,” kata Nina.

Nina menambahkan ekspor kopi ke Mesir ini merupakan lanjutan dari ekspor kopi yang sudah dimulai pada 2018, berturut-turut pada awal 2020, dan sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Turut menyaksikan pelepasan ekspor kopi tersebut secara virtual yaitu Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Zuryati Simbolon, Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf, dan Komisaris Utama PPI Herman Heru Suprobo.

Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf mengungkapkan Indonesia menjadi peringkat pertama pengekspor kopi di Mesir dengan persentase 54 persen.

“Indonesia juga berpeluang besar mengembangkan potensi ekspor ke Mesir dengan produk pertanian lainnya, seperti rempah-rempah berupa pala, lengkuas, kayu manis, kapulaga, serta potensi perikanan dan hasil laut,” ujarnya.

Pada periode Januari–Juli 2021 ekspor kopi Indonesia mencapai 400,96 juta dolar AS dengan pangsa pasar terbesar ke Amerika Serikat (24 persen), Mesir (11 persen), Jepang (9 persen), Malaysia (7 persen), dan Italia (6 persen). Pada 2020 Indonesia tercatat sebagai pengekspor kopi dunia ke-9, di bawah Brasil, Swiss, Jerman, Kolombia, Vietnam, Italia, Prancis, dan Honduras. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button