Nasional

Kementan Dorong Milenial Kaltara Maksimalkan Potensi Pertanian

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus mendorong generasi milenial memaksimalkan potensi pertanian, khususnya di Kalimantan Utara (Kaltara) karena memiliki keunggulan pertanian, peternakan, dan perkebunan yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik.

Hal itu mengemuka pada kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kegiatan panen cempe kambing boer usia empat bulan di Bulungan Mandiri Farm, Kaltara pada Sabtu (11/9/2021).

Menurut Mentan, Kaltara sebagai tempat kambing cempe tersebut diproduksi memiliki potensi dan peluang yang cukup besar, terutama untuk memenuhi pasar ekspor ke negara-negara di Asia.

“Saya berharap Forkopimda dan juga para bupati sama-sama memaksimalkan lahan pertanian yang ada untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Begitu juga generasi milenial,” kata Mentan.

Kaltara dikenal memiliki lahan subur dan potensi ekspornya cukup besar, katanya, peternakan dan perkebunan bisa diintegrasikan secara bersamaan dengan komoditas tanaman pangan dan produk olahan.

“Karena itu, tolong disusun oleh gubernur, bupati, kepala dinas dan seluruh dirjen agar konsep integrasi ini bisa dikembangkan secara baik,” ujarnya.

Mentan Syahrul berharap petani dan para pelaku usaha lainnya mampu menyerap anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang kini nilainya Rp70 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button