Nasional

Negara G-20 Puji Penanganan Pandemi di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Sejumlah tokoh kesehatan dunia yang hadir pada pertemuan G20 Health Ministers Meeting di Roma, Italia, 5-6 September 2021 memuji kinerja Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19, kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

“Kami sampaikan bahwa Indonesia sekarang nyuntiknya sudah 108 juta suntikan ke 69 juta orang. Jadi yang pertama kali kaget adalah Menteri Kesehatan Italia karena dia penduduknya 57 juta,” kata Budi Gunadi Sadikin saat hadir secara virtual dalam Webinar Peran Kesehatan Respirasi Selama 76 Tahun Indonesia Merdeka yang diikuti dari YouTube RS Persahabatan di Jakarta, Kamis (9/9).

Budi mengatakan pertemuan internasional itu dihadiri sejumlah tokoh pada sektor kesehatan di antaranya Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, perwakilan United Nations Childrens Fund/UNICEF, CEO Global Found serta sejumlah menteri kesehatan dari perwakilan berbagai negara.

Dalam forum tersebut Budi mengatakan bahwa Indonesia telah menyusul pencapaian Jerman dalam jumlah penduduk yang telah disuntik vaksin Covid-19.

“Sehingga mereka bilang, Indonesia punya pabrik vaksin apa?, nggak, kita tidak punya pabrik, tapi kita lobi semua produsen untuk dapat sebanyak-banyaknya vaksin,” kata Budi menambahkan.

Budi menyampaikan rasa terima kasih kepada sejumlah menteri kesehatan yang hadir mewakili beberapa negara di Eropa dan Amerika atas donasi vaksin mereka ke Indonesia yang berjumlah total 40 juta dosis lebih.

Menurut Budi penyuntikan di Indonesia saat ini sudah mencapai angka rata-rata 1,3 juta hingga 1,4 juta dosis per hari dari target yang diminta Presiden Joko Widodo mencapai 2 juta dosis per hari.

“Sehingga posisi kita sekarang di enam besar dunia, baik dari sisi jumlah orang yang disuntik maupun jumlah penyuntikan sesudah China, India, Amerika, Brazil, Jepang kemudian Indonesia,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button