Nasional

Penindakan Bukti Keseriusan Bea Cukai Gempur Rokok Ilegal

“Penindakan atas peredaran rokok ilegal ini menunjukan komitmen Bea Cukai dalam penegakan hukum di bidang Cukai yang terjadi di wilayah pengawasan Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur,” ungkap Firman

Berbagai penindakan atas rokok ilegal kemudian datang dari wilayah Barat pulau Jawa dan beberapa dari pulau Sumatera. Dalam melaksanakan Fungsi sebagai Community Protector, Kanwil Bea Cukai Banten bekomitmen untuk memberantas peredaran rokok illegal dengan terus melaksanakan tugas pengawasan di wilayah Provinsi Banten.

Sebanyak total barang bukti sebanyak 460.000 batang rokok ilegal beserta truk dan supirnya berhasil diamankan Kanwil Bea Cukai Banten beberapa waktu lalu. Petugas menindak sebuah truk yang dicurigai membawa muatan rokok ilegal. Dari hasil penelusuran benar saja ditemukan barang bukti yang dimaksud.

Serupa yang dilakukan oleh Bea Cukai Merak dengan menindak mengamankan 1 (satu) unit truk yang bermuatan 1.792.000 batang rokok (ilegal) yang dilekati pita cukai bekas. Dua orang supir dan Truk beserta muatannya akhirnya berhasil dihentikan oleh petugas dengan dua mobil Patroli setelah sebelumnya dilakukan pengejaran. Truk kemudian diarahkan ke lapangan parkir Bea Cukai Merak untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari pulau Sumatera, Bea Cukai Teluk Bayur berhasil menindak 920 bungkus rokok atau 18.400 batang rokok berbagai merek yang seluruhnya tidak dilekati pita cukai. Barang hasil penindakan tersebut kemudian dibawa menuju Kantor Bea Cukai Teluk Bayur untuk diteliti lebih lanjut. Dengan diadakannya Operasi Gempur ini dapat menakan peredaran rokok ilegal di Wilayah Sumatera Barat yang menjadi fokus pengawasan Bea Cukai Teluk Bayur.

“Beragam penindakan kali ini menunjukkan bahwa masih ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum. Bersama ini, kami tegaskan kembali bahwa seluruh jajaran Bea Cukai tetap konsisten melakukan penegakan hukum di bidang cukai di dalam situasi dan kondisi apapun. Ini juga menjadi bukti keseriusan dan kegigihan Bea Cukai dalam menjaga Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya serta sebagai upaya nyata Bea Cukai mengamankan penerimaan negara serta menciptakan persaingan yang sehat dan keadilan bagi para pelaku usaha yang taat pada ketentuan perundang-undangan,” tutup Firman. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button