Nasional

Butuh Perluasan Bantuan Usaha Produktif Bagi Pekerja di PHK

“Daya beli masyarakat masih belum mengalami pemulihan, tercermin dari inflasi inti yang rendah 0,07 persen per Juli 2021. Inflasi inti menggambarkan sisi permintaan masyarakat dalam pembentukan harga barang. Selanjutnya, omset pelaku usaha kecil dan mikro mengalami penurunan hingga 80 persen selama masa pengetatan mobilitas penduduk,” bebernya.

Kendati pertumbuhan ekonomi naik hingga 7 persen di kuartal ke-II 2021, tapi sifatnya hanya sementara, karena tantangan di kuartal ke-III dan ke-IV lebih berat. Dia memperkirakan angka pengangguran akan kembali naik ke level 7,3 persen pada Agustus 2021 akibat adanya pemberlakuan PPKM level 3 dan 4.

“Pemerintah harus memprioritaskan perpanjangan relaksasi kredit bagi usaha kecil dan mikro,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, pemerintah perlu memberikan pendampingan intensif bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan ekosistem digital, baik dalam pemasaran (e-commerce), logistik dan pembukuan.

Dan, bantuan sosial, lanjut dia, porsinya diperbesar untuk penerima yang berada di wilayah PPKM level 4, termasuk luar Jawa. Kemudian, mempercepat realisasi anggaran khususnya perlindungan sosial dan bantuan usaha mikro. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button