Nasional

Simon Sirene Sau Picu Semangat Milenial Tani Papua

INDOPOSCO.ID – Generasi tani milenial menjadi harapan bagi masa depan pertanian. Kementerian Pertanian RI menyadari peranannya yang lekat dengan teknologi informasi bagi pertanian maju, mandiri, dan modern. Semangat itu tampak pada Simon Sirene Sau, petani muda yang diharapkan menjadi contoh generasi milenial.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pertanian tidak lagi seperti dahulu. ‚ÄúPetani itu keren, Petani itu hebat. Tidak ada lagi petani miskin,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengakui pentingnya kehadiran petani milenial untuk menopang kedaulatan pangan, dengan mengungkit produktivitas pertanian.

Simon Sirene Sau, petani muda di Merauke, Papua layak menjadi panutan generasi milenial. Orangtuanya asal Flores yang merantau ke Merauke, saat dia berusia empat tahun.

Sebagai anak petani miskin, Simon kecil yang kerap menghuni pondok di tengah sawah menemani bapaknya bekerja, kini menjadi pemicu semangat generasi tani milenial Papua.

Simon hari ini adalah Kepala Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanah Miring Merauke.

Menurutnya, pendidikan vokasi menjadi ‘gerbang’ lahirnya petani milenial, seperti halnya SMKN 1 Tanah Miring Merauke, satu dari tujuh SMKN di Papua. Capaian prestasi di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional berkat jiwa militansi untuk memajukan pertanian.

Perjuangan Simon bagi pertanian berlangsung sejak kecil. Pulang sekolah ia kerap ke sawah, karena keluarganya selalu di sana untuk menggarap padi, umbi-umbian dan palawija.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button