Nasional

Pemerintah Ajukan Empat Isu Prioritas di Forum G20

Tantangan besar lainnya, masih ujar Anwar, adalah perubahan pasar tenaga kerja karena revolusi industri dan transformasi teknologi. Banyak ahli melihat pandemi menyebabkan transformasi teknologi dalam proses produksi.

“Ekonomi digital memperlebar proporsi tenaga kerja informal, yang perlu perhatian terhadap pemenuhan standar dan norma kerja layak (decent work),” terangnya.

Di sisi lain, kondisi kerja penyandang disabilitas juga menjadi perhatian besar. Berdasarkan data WHO dan World Bank Report on Disability tahun 2011, lebih dari 15 persen dari total populasi global atau setara dengan 1 miliar orang hidup dengan disabilitas, dan 3 persennya adalah orang-orang yang menyandang disabilitas cukup serius.

Ia menegaskan, tingginya angka disabilitas membutuhkan perhatian serius dari semua pihak. Salah satunya dengan memberikan akses peningkatan keterampilan dan akses pasar tenaga kerja yang lebih luas serta perlindungan di tempat kerja.

“Ini untuk apa? Agar penyandang disabilitas memiliki daya saing dan produktivitas yang setara di pasar kerja lokal maupun global. Sehingga mereka memiliki peran dan kontribusi yang sama dalam proses pembangunan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, sesuai arahan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah agar Forum G20 mampu menghasilkan komitmen bersama, serta strategi-strategi efektif dan konkrit dalam perluasan kesempatan kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang lebih accessible, sustainable, dan inclusive. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button