Nasional

Pertanian adalah Solusi Jutaan Orang yang Terdampak PHK

INDOPOSCO.ID – Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Hermanto Siregar mengatakan, sektor pertanian sejauh ini merupakan sektor penyelemat bagi jutaan orang yang kehilangan lapangan pekerjaan. Apalagi menurut dia, angka pengangguran sampai 2021 ini kurang lebih mencapai 11,4 persen.

“Karena itu pertanian adalah sumber pekerjaan yang dominan dan angkanya selama pandemi mencapai 30 persen,” ujar Hermanto dalam sesi diskusi webinar berjudul “Jadi Petani Milenial, Kenapa Tidak”, Selasa (31/8).

Berkaitan dengan hal ini, Hermanto mengatakan dukungan pemerintah terhadap pengelolaan petani muda perlu dodorong secara serius. Terutama dalam menghadapi gelombang petani tua yang semakin menurun.

“Yang mau saya tekankan pada SDM (sumber daya manusia) pertanian itu adalah menghadapi beberapa kritikal. Yang paling utama adalah usia petani yang semakin tua. Dan ini masalah buat kita,” katanya.

Tapi di samping itu, Hermanto mengapresiasi upaya pemerintah dalam melakukan pelatihan 1 juta petani milenial. Bahkan dia mengapresiasi ruang pusat data Agriculture War Room (AWR) yang mampu menjangkau persoalan pertanian di lapangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button