Nasional

DPR: Pendidikan Harus Dekat Dengan Teknologi

INDOPOSCO.ID – Hari pertama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas cukup baik, terutama pada penerapan protokol kesehatan (Prokes). Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat Debby Kurniawan melalui gawai, Selasa (31/8/2021).

Menurut dia, pembelajaran di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 harus tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan siswa. Tentu, harus ada inovasi pembelajaran blended learning (menggabungkan) sistem luring dan daring.

Karena, dikatakan dia, pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap dibutuhkan, selain penerapan PTM terbatas.

“Ini (blended learning) sangat dibutuhkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan. Untuk apa? Mengisi waktu PTM terbatas, karena ada pembatasan kuota. Jadi siswa yang berada di rumah tidak tertinggal pembelajaran,” terangnya.

Terkait kompetensi guru dan tenaga kependidikan tersebut, maka, menurut Debby, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) harus serius memberikan pelatihan kepada guru. Tentu harus didukung oleh pemerintah daerah.

“Harus ada pembekalan, ini penting. Karena tidak sedikit guru sudah jenuh juga memberikan pembelajaran jarak jauh, karena mereka ternyata belum menguasai pembelajaran berbasis teknologi,” katanya.

“Ini pekerjaan rumah (PR) kita bersama, pendidikan harus dekat dengan inovasi teknologi. Jadi, jangan takut dengan PJJ,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button