Nasional

Di BPP Cigugur, Pangandaran, Kementan: Peningkatan Produktivitas Harga Mati

“Tujuan ini bisa tercapai manakala ada peningkatan produktivitas. Jumlah penduduk tambah terus. Kalau produktivitas tak bertambah, bagaimana?” kata Dedi.

Tiga pengungkit produktivitas, katanya, yakni inovasi teknologi dan prasarana-sarana, peraturan perundangan dan SDM pertanian, maka peningkatan produktivitas ada di tangan kita semua, khususnya penyuluh di wilayah binaan masing-masing.

“Jadilah penyuluh penembak jitu. Sasarannya adalah peningkatan produktivitas. Setelah dibidik, langsung eksekusi. Penyuluh itu berdiri paling depan dalam hal peningkatan produktivitas pertanian,” ujar Dedi.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Pangandaran, Sutriaman menambahkan bahwa SDM pertanian di wilayahnya terdiri atas 71 ribu petani, sementara dalam eRDKK Pupuk Subsidi yang terfasilitasi sekitar 40 ribu petani. Mereka berhimpun pada 1.300 kelompok tani (Poktan) dan 93 gabungan kelompok tani (Gapoktan) serta didukung 93 penyuluh swadaya.

Sutriaman berharap pembangunan pertanian Pangandaran setiap tahun untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian. “Itu harapan kami,” tandasnya. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button