Nasional

Hindari Egosentrisme Lembaga, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Polri, Imigrasi dan TNI

INDOPOSCO.ID – Egosentrisme lembaga menjadi satu hal yang harus dihindari oleh segenap instansi pemerintah, tak terkecuali para penegak hukum di Indonesia. Membuang jauh ego sektoral dan meningkatkan sinergi antarinstansi menjadi upaya yang ditempuh Bea Cukai dalam menghindari terbentuknya egosentrisme lembaga.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro, pada Senin (30/8) saat memaparkan bentuk-bentuk kerja sama dan koordinasi yang dijalin Bea Cukai dengan lembaga penegak hukum lainnya, seperti Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Dalam menjalankan tugas dan fungsi, khususnya sebagai pelindung masyarakat atau community protector, Bea Cukai selalu bersinggunngan dan bekerja bersama para aparat penegak hukum lain, termasuk Polri dan TNI. Untuk itu, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di daerah kerap berkoordinasi dengan unit vertikal Polri dan TNI di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Disebutkan Sudiro bentuk koordinasi yang paling umum dilaksanakan adalah dengan melakukan kunjungan atau courtesy visit. Dalam kesempatan tersebut tiap-tiap instansi menurutnya dapat mendiskusikan pelaksanaan tugas masing-masing dan hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja setiap instansi.

Seperti yang dilaksanakan Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Edy Susanto dengan mengunjungi Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura. Dalam pertemuan tersebut ketiga instansi saling berbagi informasi mengenai pelaksanaan tugas masing-masing serta berbagi informasi terkait isu permasalahan yang sedang dihadapi khususnya di Jayapura.

“Bea Cukai juga berkoordinasi perihal perlintasan orang dan barang dengan pihak Imigrasi, dan koordinasi terkait pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Jayapura dengan pihak BNN Provinsi Papua. Diharapkan dengan dilaksanakannya kunjungan tersebut, kedepannya dapat terjalin kerja sama, terbangun silaturahmi, adanya peningkatan sinergi, dan penguatan koordinasi,” katanya.

Tak hanya Bea Cukai Jayapura, sinergi dengan Polri juga dijalin Bea Cukai Sangatta dengan mengunjungi Kepolisian Resor Kutai Timur dan Bea Cukai Cirebon dengan Polresta Cirebon.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button