Nasional

Jubir Menko Marves Sebut Secara Nasional Rasio BOR Terus Membaik

Di sisi lain, ia mengakui memang ada beberapa daerah tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit masih tergolong tinggi. Pemerintah juga sedang fokus menangani daerah-daerah tersebut dengan terus menambah kapasitas tempat tidur serta mengevakuasi pasien positif ke isolasi terpadu dengan tujuan mengurangi potensi penularan.

Sementara itu, epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Iwan Ariawan mengatakan saat ini tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit sudah membaik.

“Kurang dari 60 persen sudah memadai menurut indikator PPKM dan public health social measure (PHSM) WHO. Tapi itu baru satu dari enam indikator,” kata Iwan Ariawan.

Menurut Iwan, kapasitas respons kabupaten dan kota terkait testing dan tracing masih dalam kategori sedang atau belum memadai seperti BOR. Sedangkan transmisi komunitas, rawat inap di rumah sakit dan kematian masih di tingkat tiga sehingga harus diusahakan turun ke tingkat dua.

“Masyarakat tidak boleh euforia tetap hati-hati, protokol kesehatan harus disiplin dan vaksinasi secepatnya dilakukan saat ada kesempatan,” kata Iwan.

Pemerintah berusaha mencegah penyebaran Covid-19 melalui program vaksinasi nasional dan meningkatkan testing, tracing, dan treatment. Secara nasional hingga (28/8) vaksin dosis pertama telah disuntikkan kepada 61. 465. 338 orang. Sedangkan vaksin dosis kedua telah disuntikkan bagi 34.803.788 orang. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button