Nasional

Atasi La Nina, Kata CORE, Pemerintah Bisa Gunakan Dana Bencana dan Hibah

Yusuf pun menyarankan agar koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dapat berjalan baik supaya penggunaan anggaran tersebut lebih optimal.

“Pekerjaan rumahnya tentu bagaimana koordinasi antar pemerintah pusat dan pemda yang terdampak agar nanti bantuan bisa tersalurkan secara cepat dan tepat,” jelasnya.

Ia menambahkan pemerintah juga perlu memastikan adanya tempat pengungsian yang layak dan cukup buat menghadapi potensi dampak La Nina ini.

“Kalau pun nantinya akan ada pengungsi dari bencana ini, pemerintah perlu memastikan bahwa tempat pengungsiannya bisa menerapkan protokoler kesehatan secara baik,” ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (29/8/2021).

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan kondisi El Niño- Southern Oscillation (ENSO) dalam keadaan netral dapat berkembang menjadi La Nina pada akhir tahun 2021.

Indonesia perlu mewaspadai kejadian cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, serta angin puting beliung jelang masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button