Nasional

BNPT Paparkan Bentuk Konkret Dukungan bagi Korban Terorisme

“Sebagai tindak lanjut penyelenggaraan silaturahmi pada 2018, BNPT mempertemukan antara penyintas dan mantan napiter pada Maret 2021 di Cisarua dengan tujuan untuk mempromosikan perdamaian dan memperkuat rasa persaudaraan dengan memaafkan kesalahan di masa lalu,” kata Boy Rafli.

Ia menyebut BNPT telah mengeluarkan Peraturan BNPT Nomor 6 Tahun 2021 tentang Koordinasi Pelaksanaan Program Pemulihan Tindak Pidana Terorisme demi menguatkan koordinasi kementerian dan lembaga, termasuk peran serta masyarakat dalam upaya pemulihan korban terorisme.

Mantan Kapolda Papua itu mengatakan BNPT sedang mendorong pembentukan norma dan standar internasional dalam rangka perlindungan anak- anak yang terasosiasi oleh kelompok terorisme melalui tiga pendekatan, yakni pencegahan, rehabilitasi, reintegrasi, dan jaminan keadilan bagi anak.

BNPT menyadari berbagai upaya perlindungan terhadap korban terorisme perlu terus ditingkatkan, terutama di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang mengharuskan negara menggerakkan sumber dayanya secara maksimal.

Boy Rafli memastikan bahwa para korban atau penyintas terorisme akan terus mendapatkan pendampingan dan perhatian.

“Dengan tema Bangkit Peduli, Menyemai Damai yang diangkat dalam peringatan tahun ini, saya mengajak untuk bangkit dari kedukaan di masa lalu dan terus semangat untuk menciptakan perdamaian dan menatap masa depan dengan penuh harapan,” pungkas dia. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button