Nasional

Indeks Komposit PPKM Meningkat, Waspadai Peningkatan Kasus

Jika situasi semakin membaik, Reisa mengatakan level PPKM akan diturunkan ke level yang lebih rendah.

“Pemerintah akan mengambil langkah secara bertahap buat menyiapkan masyarakat Indonesia ke situasi kehidupan normal baru atau adaptasi dengan kebiasaan baru,” kata Reisa, seperti dikutip dari Antara.

Reisa menambahkan evaluasi akan dilakukan setiap pekan agar setiap perubahan dapat direspons dengan cepat. Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan perpanjangan PPKM sampai dengan 23 Agustus 2021.

Berita Terkait

Menurutnya, selama kota dan kabupaten mengalami kemajuan dalam penerapan prokes, 3T, dan cakupan vaksinasi, level PPKM di wilayah itu akan diturunkan. Dengan begitu, aktivitas masyarakat dapat dibuka secara bertahap.

Reisa mencontohkan, pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas maksimum untuk tempat ibadah menjadi 50 persen di kota/kabupaten yang menunjukkan perbaikan kinerja penanganan Covid-19.

Selain itu, olahraga jenis outdoor yang dilakukan secara individu atau kelompok dengan jumlah tidak lebih dari empat orang dan tidak melibatkan kontak fisik akan diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Uji coba penerapannya akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada empat wilayah aglomerasi di Jawa-Bali seperti Jabodetabek, Bandung raya, Semarang Raya dan Gerbang Kertasusila di Jawa Timur,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah akan meningkatkan kapasitas kunjungan mall menjadi 50 persen selama sepekan ke depan. Peningkatan kapasitas ini juga akan diiringi dengan pemberian akses dine-in atau makan di tempat maksimal dengan kapasitas maksimal 25 persen atau 2 orang per meja. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button