Nasional

Kementan Genjot Industri Porang di Madiun

Sementara itu, Kementan belum mematok target pengembangan pasar ekspor dari komoditas porang setelah nanti pabrik olahannya berdiri.

“Kami dorong saja dulu pengembangan produk olahannya. Itu kan prosesnya setelah dibudidayakan, dibersihkan, diindustrikan, baru kemudian dipasarkan,” kata Mentan Syahrul.

Di sisi lain, pada pelepasan ekspor komoditas pertanian di Terminal Peti Kemas Surabaya, Mentan juga menjanjikan volume ekspor komoditas pertanian bisa mencapai tiga kali lipat ke depannya dari yang dilakukan saat ini, karena komoditas pertanian Indonesia sangat dibutuhkan oleh negara- negara lain.

“Ingat, kita negara tropis. Saya harap tidak ada kabupaten/kota di tiap provinsi se- Indonesia yang tak bisa ekspor. Karena komoditas pertanian sangat dibutuhkan oleh negara- negara lain,” tutur dia.

Pada kesempatan tersebut, pelepasan ekspor dilakukan serentak melalui 17 pintu pelabuhan laut dan udara di Tanah Air dengan tujuan 61 negara, di antaranya China, Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Inggris, Jerman, Rusia, Arab Saudi dan Pakistan. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button