Nasional

Sosiolog Nilai Viralnya Kasus Akidi Tio Karena Masyarakat Tengah Krisis

Sehingga, masih ujar Derajad, dalam konteks penanganan pandemi Covid-19, etnis Tionghoa tidak dianggap berperan. Hal ini kemudian menimbulkan pro dan kontra di media sosial (medsos).

“Yang kontra pasti argumen mereka karena Tionghoa,” ucapnya.

Dalam konteks pandemi, dikatakan dia, etnis Tionghoa butuh direkognisi. Apalagi sanksi sosial dari masyarakat Indonesia sangat kejam. “Ini di luar uang ada atau tidak. Masyarakat etnis Tionghoa minta direkognisi. Bantuan yang diberikan keluarga Akidi Tio ini dalam rangka rekognisi,” imbuhnya.

Melihat latar belakang bisnis keluarga Akidi Tio mereka adalah keluarga yang mampu. Dan nilai bantuan tersebut sangat mungkin.

“Mereka dari keluarga kaya raya. Nilai tersebut sangat mungkin. Bisa jadi ada keluarga lain yang tidak mau tertandingi dan terjadi skenario sekarang ini,” ujarnya.

“Kita harus melihat ini. Jangan sampai kemudian kita terjebak dan menghakimi keluarga Akidi Tio yang akan memberikan bantuan. Apapun bentuk bantuan itu,” ucapnya.

“Yang dilakukan Akidi Tio ini merupakan akibat, bukan sebab. Yakni akibat dari marginalisasi etnis Tionghoa,” imbuhnya. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button