Nasional

Kemensos Prioritaskan Akses-Informasi Vaksin Covid-19 Disabilitas

“Itu yang kemudian kita bantu agar kerabat kita bisa mendapatkan hak mulai informasi sampai dengan layanan kesehatan, dan saat ini kita di Kementerian Sosial mencoba memberikan fasilitas alat bantu yang kita rancang sendiri dan rakit sendiri. Itu pun dilakukan oleh saudara- saudara kita yang disabilitas,” kata Risma seperti dikutip Antara, Senin (2/8/2021).

Adapun alat bantu yang tengah dibuat yakni kursi roda elektrik, kursi roda khusus penyandang hidrosefalus, alat sensor untuk tuna netra dan gelang peringatan untuk tuna rungu serta kendaraan roda tiga agar mereka dapat mandiri, serta terlindung dari bahaya.

Sehingga tidak hanya soal pemberian fasilitas untuk vaksinasi Covid-19, Risma melalui balai- balai Kemensos membuat sarana dan prasarana untuk para penyandang disabilitas dapat meningkatkan perekonomiannya secara mandiri.

Risma juga mengungkapkan pemberian vaksinasi Covid-19 pada Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) sebelumnya pernah dilakukan beberapa balai Kemensos bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Kemensos memberikan layanan angkutan menuju tempat vaksinasi.

Kerja sama dalam pemberian vaksin disabilitas terselenggara berkat dukungan Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button