Nasional

Bersama Instansi Lain, Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Cukai Lewat Radio

“Indonesia justru memiliki objek cukai cenderung lebih sedikit dibanding negara lain. Thailand memiliki 21 objek cukai, Vietnam ada 16 termasuk jasa yang dikenai cukai, bahkan di Jerman sudah memberlakukan cukai untuk produk kopi,” tambah Sudiro.

Kemudian, dalam sosialisasi ini juga dijelaskan tentang perbedaan BKC legal dan ilegal. Lebih lanjut dijelaskan tentang rokok yang polos atau tidak memiliki pita cukai, salah personalisasi, salah peruntukan, pita cukai palsu, dan cara identifikasi pita cukai yang asli dan palsu.

Senada dengan Bea Cukai Purwokerto, Bea Cukai Semarang bersama Pemkab Demak lakukan sosialisasi cukai lewat Radio Suara Kota Wali Demak. Pada sosialisasi yang berbentuk talkshow ini, dijelaskan bagaimana penegakan hukum cukai dilaksanakan, kemudian tentang bagaimana pemerintah daerah mengalokasikan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) supaya makin optimal dan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Masyarakat harus paham terkait ketentuan cukai, setidaknya bisa membedakan mana BKC yang legal dan ilegal, karena partisipasi masyarakat serta dukungan dari berbagai sektor sangat dibutuhkan untuk memberantas BKC ilegal sehingga tidak lagi beredar di Indonesia,” pungkas Sudiro. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button