Nasional

Sidak Rumkitlap TNI AD di RSPAD Gatot Soebroto. Ini yang Dilakukan Panglima TNI

INDOPOSCO.ID – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan sidak alias inspeksi mendadak kesiapan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Mobile Field Hospital setingkat Batalyon yang dibangun Yonkes-1/Divif 1 Kostrad di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (9/7/2021).

Panglima Hadi mengatakan, Rumkitlap harus berada di tempat lain, maka permasalahannya adalah tenaga kesehatan (nakes), alat kesehatan dan lainnya.

“Seperti Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga seperti itu. Angkatan Udara di RS dr. Esnawan Antariksa, sedangkan Angkatan Laut nempel di rumah sakit Mintohardjo, Kostrad Divisi 2 nempel di Soepraoen, ini juga nempel di RSGS (Gatot Soebroto). Jadi sudah pas untuk kondisi saat ini,” ujarya dalam siaran persnya.

Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang menyambut kedatangan Panglima TNI memberikan keterangan terkait Rumkitlap yang dibangun oleh Yonkes-1/Divif 1 Kostrad di area RSPAD Gatot Soebroto.

Andika menjelaskan, Rumkitlap yang ada harus menempel dengan rumah sakit, karena saat ini kasusnya berbeda dengan di Mamuju saat menangani korban gempa bumi. “Saat ini semua rumah sakit kekurangan dokter, kalau hanya OTG saja mereka hanya bisa isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dengan menempelnya Rumkitlap dengan RSPAD Gatot Soebroto, maka sekarang kita punya 60 dokter umum yang bisa dibagi menjadi 3 shift,” jelasnya dilansir Antara.

Lebih lanjut KSAD menyampaikan bahwa kemampuan Rumkitlap RSPAD Gatot Soebroto memiliki 120 tempat tidur, satu ruang ICU, satu ruang operasi, dekontaminasi, sterilisasi, dapur sendiri dan toilet serta laundry.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button