Nasional

RI-Jepang Kerjasama Berantas Covid-19 di Tempat Kerja

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia, pemerintah Jepang dan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) bekerja sama meluncurkan proyek untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dengan meningkatkan pencegahan COVID-19 serta keselamatan dan kesehatan pekerja di tempat kerja.

“Melalui proyek kolaboratif ini, kami memandu perusahaan untuk memprioritaskan perlindungan pekerja, yang pada gilirannya, akan turut menopang bisnis. Kami juga mendorong pengusaha dan pekerja untuk lebih tanggap terhadap COVID-19 dengan membangun mekanisme K3 yang lebih tangguh untuk seluruh aspek pekerjaan,” kata Haiyani Rumondang, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, melalui rilis pers ILO yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan bahwa memastikan tempat kerja yang aman untuk bisnis dan pekerja merupakan prioritas penting bagi Kemenaker selama pandemi.

Melalui proyek bertajuk “Meningkatkan Pencegahan COVID-19 di dan melalui Tempat Kerja”, semua pihak terkait akan berusaha meningkatkan upaya pencegahan COVID-19 sehingga kesehatan dan keselamatan pekerja dapat terjamin.

Hal itu menjadi prasyarat untuk memfasilitasi kembali pembukaan, keberlanjutan dan pengembangan berbagai sektor usaha. Proyek itu juga akan dilaksanakan dengan partisipasi penuh dari pengusaha dan pekerja.

Berdasarkan data per Agustus 2020, pandemi COVID-19 telah berdampak pada lebih dari 29 juta pekerja di Indonesia. Pandemi juga semakin memperburuk kondisi sekitar 7 juta pencari kerja yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Dengan memperkuat aspek keselamatan kerja di perusahaan, potensi penutupan bisnis dan kehilangan pekerjaan dapat dicegah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button