Nasional

Kementerian PUPR Kebut Persiapan Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi

INDOPOSCO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pihaknya akan berupaya agar sejumlah fasilitas prasarana di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang akan dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 bisa segera selesai dalam waktu dekat. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), RS Darurat Covid-19 Kemayoran dan PD Pasar Jaya agar Rusun Pasar Rumput bisa menjadi tempat isolasi mandiri yang baik bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kami akan menyiapkan sebanyak 3 tower Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi pasien Covid-19. Kami akan bekerjasama dengan BNPB, RS Darurat Covid-19 Kemayoran dan PD Pasar Jaya dalam mempersiapkan fasilitas yang baik bagi masyarakat yang terpapar Covid-19,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melakukan peninjauan ke lokasi Rusun Pasar Rumput di Jakarta, Senin (28/6/2021).

Tampak hadir mendampingi Menteri PUPR antara lain Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR, T Iskandar, Direktur Jenderal Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I, Bisma Staniarto.

Kementerian PUPR, imbuhnha, juga akan mempercepat proses pemasangan penyejuk udara atau air conditioner (AC) di setiap unit hunian yang akan dijadikan tempat isolasi. Jumlah unit hunian di tower 1 ada sekitar 689 kamar ditargetkan semua terpasang AC dan bed atau tempat tidurnya dipasang oleh pihak BNPB.

“Mudah-mudahan dalam dua hari ini semua AC sudah terpasang semua. Sedangkan BNPB membantu sarananya berupa tempat tidur bagi pasien,” terangnya.

Lebih lanjut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap mudah-mudahan dalam waktu dua hari ke depan segala persiapan Rusun Pasar Rumput sebagai tempat isolasi bisa selesai seluruhnya dan siap untuk dioperasikan. Namun demikian, seiring dengan kenaikan kasus Covid-19 ini, dirinya berharap semua lapisan masyarakat harus menyiapkan diri masing masing dengan menjaga kondisi tubuhnya serta melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button