Nasional

Dukung Penanganan Covid-19, Kementerian PUPR Pasang Penyejuk Udara di Rusun Pasar Rumput

“Jumlah AC yang akan dipasang sebanyak 689 unit dan kipas angin sebanyak 1.378 unit yang akan dipasang di Tower 1,” terangnya.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, sejumlah petugas terlihat juga sedang memasang penyekat serta pembatas di sejumlah titik pintu masuk menuju lift serta ruangan yang ada di tower satu. Petugas kebersihan juga membersihkan unit hunian serta lorong di Rusun tersebut dan di pintu gerbang utama Rusun Pasar Rumput juga terlihat sejumlah petugas keamanan berjaga baik dari unsur TNI maupun Polri.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, TNI/ Polri serta BNPB agar persiapan Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi bisa segera selesai dan segera dimanfaatkan mengingat jumlah pasien terus bertambah,” terangnya.

Sebelumnya, Kementerian PUPR berencana memanfaatkan Rumah Susun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sebagai alternatif tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Spesifikasi Rumah Susun Tingkat Tinggi Pasar Rumput terdiri dari 3 tower dengan total kapasitas 1.984 unit satuan rumah susun.

Setiap unit Rusun memiliki luas 36 meter persegi. Di dalamnya terdiri dari sejumlah ruangan yakni ruang tamu atau ruang keluarga dua kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Rencana pemanfaatan rumah susun sebagai alternatif tempat isolasi mandiri menggunakan tiga tower rumah susun dengan pengoperasian tahap pertama menggunakan Tower 1 dengan kapasitas 689 unit satuan rumah susun, dimulai dari lantai 4 hingga lantai 25. Sedangkan pemanfaatan Tower 2 dan Tower 3 direncanakan setelah Tower 1 sudah terisi penuh. Adapun akses masuk ke lantai 4 sampai dengan 25 menggunakan lift yang berada di Tower 1 maupun menggunakan tangga menuju lantai 3, dilanjutkan dengan menggunakan lift di Tower 1. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button