Nasional

Bangun Tenda Darurat, RSUP Dr Sardjito Siap Terima ‘Serbuan’ Pasien Covid-19

INDOPOSCO.ID – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta mulai mendirikan tenda darurat sebagai antisipasi jika jumlah pasien COVID-19 yang datang ke RS itu melampaui kapasitas.

“Tenda kita dirikan untuk mengantisipasi manakala pasien-pasien COVID mau masuk tapi harus menunggu karena berbagai hal, seperti persiapan poli, IGD, bangsal, itu perlu waktu,” kata Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishanto saat konferensi pers secara daring bersama Forum Wartawan Kepatihan Yogyakarta, Senin.

Menurut Rukmono, saat ini tenda darurat tersebut belum digunakan. Tenda hanya akan digunakan apabila jumlah pasien COVID-19 mulai membludak.

Ia menyebutkan sampai saat ini RSUP Dr Sardjito memiliki 303 tempat tidur (bed) untuk pasien COVID-19 mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dari jumlah tersebut, 27 bed di antaranya kategori bed kritikal atau ICU.

Menurut dia, bed ICU menjadi perhatian karena tingkat keterisiannya sudah mencapai 80 persen. Sementara bed non kritikal atau isolasi keterisiannya masih di angka 56 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button