Nasional

Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi, Bea Cukai Kunjungi Instansi Lain

Kemudian, Bea Cukai Ambon melakukan kunjungan ke Balai Pengelolaan Hutan Produksi Kota Ambon. Kunjungan kali ini membahas terkait prosedur penerbitan V-legal. V-legal sendiri adalah dokumen lisensi ekspor yang menjamin legalitas produk kayu Indonesia. Dengan adanya pertemuan dengan BPHP, diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik antara Bea Cukai Ambon dengan instansi lain untuk mendorong perekonomian Maluku melalui ekspor kayu.

Selain itu, Bea Cukai juga turut mendukung Itjen Kemenkeu dalam kolaborasi pengawasan dan pengawalan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dengan APIP Daerah serta pengumpulan informasi pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Kolaborasi ini dilakukan langsung oleh Raden Patrick Wahyudwisaksono sebagai Inspektur V Kementerian Keuangan.

Pada akhir rangkaian kegiatan, Inspektur V melakukan kunjungan ke beberapa pengguna jasa, diantaranya Kawasan Berikat yang memproduksi kapal yaitu PT Lundin dan perusahaan budidaya koral, CV Baruna Jaya yang merupakan perusahaan pertama yang melakukan ekspor melalui Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Beliau berbincang seputar bagaimana keberlangsungan perusahaan selama pandemi ini, apa kendala yang dihadapi, dan apakah peran Bea Cukai khususnya Bea Cukai Banyuwangi memberi manfaat bagi perusahaan.

“Kami, Bea Cukai Banyuwangi berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa tanpa mengesampingkan tugas pengawasan. Kami juga akan terus meningkatkan sinergi dengan instansi lain demi memberikan jaminan kelancaran proses bisnis kepada pengguna jasa dan menciptakan harmoni kerja yang baik,” pungkas Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Banyuwangi, Dominica Roesdiati. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button