Nasional

MenkopUKM Lepas 18 Kontainer Kopi Arabica Gayo Ekspor ke AS dan Eropa

“Kami akan memperkuat kelembagaannya serta pembiayaannya melalui LPDB-KUMKM, KUR, dan perbankan,” ujarnya.

Menurut Teten, KUR dirancang untuk mendorong pengembangan kapasitas UMKM untuk naik kelas. Apalagi dengan bunga KUR yang rendah.

Teten menambahkan, saat ini adalah momentum yang sangat baik bagi kopi Indonesia. Sebab, tahun ini diperkirakan panen kopi dunia turun.

Ketua Koperasi BQ Baburrayyan Rizwan Husni mengatakan, koperasinya telah memiliki total anggota koperasi sebanyak 4.260 petani kopi yang memiliki sertifikasi kebun kopi organik dengan luas lahan 5.590 hektar (ha). Sejauh ini, Koperasi BQ Baburrayyan 100 persen membeli kopi langsung dari petani. Sekitar 85 persennya dijual untuk kualitas pasar ekspor dan sisanya 15 persen dijual di dalam negeri.

Starbucks sendiri, kata Rizwan, menjadi pasar terbesar untuk komoditas kopi. Starbucks sudah memiliki 33 ribu gerai di seluruh dunia.

“Kami menjadi satu-satunya koperasi yang memiliki direct access penjualan ke Starbucks. Kontrak kerja kami langsung dengan Starbucks,” ucap Rizwan.

Baru-baru ini, Starbucks membuka gerai eksklusifnya di Medan setelah di Bali. Baburayyan juga memasok kopi gerai eksklusif tersebut di Medan.

“Mereka survei sendiri lokasi serta kualitas kopinya. Alhamdulillah produk kami disukai,” kata Rizwan.

Ia merinci, Baburayyan telah mensuplai kopi ke gerai Starbucks Reserve dan dikirim sebanyak 2.280 kg ke Yokohama (Jepang), 10.500 kg ke Shanghai (China), 8.400 kg ke AS, dan 2.820 kg ke Hamburg (Jerman).

Diakui Rizwan, pandemi Covid-19 yang terjadi juga memberikan dampak bagi Baburayyan. Jika sebelumnya mereka mampu mengekspor 1.000-1.500 ton per tahun, namun di 2020 lalu hanya sebanyak 499,2 ton dengan nilai Rp35,6 miliar.

“Untuk tahun 2021 ini, hingga Mei Baburayyan menjual sebanyak 57.000 kg senilai Rp4,2 miliar,” tandasnya. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button