Nasional

Kapolri: Hanya 1,1 Persen Masyarakat yang Mudik

Episentrum ketiga terjadi di daerah DKI Jakarta, kata Sigit, ada lima klaster COVID-19 di ibu kota ini.

“Di DKI Jakarta terdapat lima klaster COVID, yaitu di Cipayung, Cilincing, Kelapa Dua, Kayu Putih, dan Ciracas,” ujarnya lagi.

Di hadapan anggota Komisi III DPR RI, Sigit memaparkan kegiatan Operasi Ketupat 2021 yang dilakukan jajarannya.

Operasi penyekatan bagian dalam Operasi Ketupat 2021 yang dilaksanakan dari rentang waktu 6-17 Mei 2021. Polri bersama stakeholders yang lainnya melakukan upaya penyekatan arus mudik dan balik Lebaran.

Dari sembilan polda prioritas di 757 titik yang melakukan kegiatan penyekatan arus mudik dan balik, sebanyak 497.465 kendaraan diperiksa dan 461.626 kendaraan di antaranya dilakukan putar balik.

“Rapid test antigen secara random (acak, Red) sebanyak 32.017 pemudik, dengan hasil 31.900 negatif dan 4.327 positif terhadap pemudik yang positif dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan daerah setempat,” ujar Sigit.

Kemudian, lanjut Sigit, jajarannya juga melakukan penindakan terhadap 835 travel gelap, dengan menyita kendaraan karena melakukan pelanggaran.

Meskipun sudah dilakukan upaya penyekatan, kata Sigit, masih ada sekitar 1,4 juta masyarakat yang melakukan mudik, baik jalur darat, laut dan udara. Hal ini yang membuat tiga daerah menjadi episentrum penyebaran COVID-19. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button