Nasional

Ini Lima Tips Anti Galau Gagal Diterima di Kampus Impian

Refleksi diri dengan nilai hasil ujian tes berbasis komputer (UTBK). Setelah nilai hasil UTBK dilihat, harus bisa melakukan refleksi diri. Dengan memperhatikan skornya yang diperoleh sebagai suatu parameter kemampuan dan potensi diri.

“Jadi, jangan hanya mengandalkan perasaan cerdas dan bisa mengerjakan saja,” ucapnya.

“Jika ada nilai mata pelajaran tertentu yang belum mencapai target, maka pelajari kembali mata pelajaran tersebut. Sehingga dalam seleksi selanjutnya, para calon mahasiswa bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,” imbuhnya.

Dikatakan Nasih, tips lainnya dengan mencoba ujian mandiri. Karena, menurutnya, jalur masuk SBMPTN bukan jalur terakhir masuk perguruan tinggi negeri. Masih ada kuota ujian mandiri yang masih tersedia.

Prof Nasih menyebutkan, bahwa ada 30-40 persen kuota jalur mandiri yang disediakan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Artinya, masih ada ratusan ribu kursi masih kosong yang bisa kamu manfaatkan.

‚ÄúPilih jurusan sesuai dengan kemampuan. Jadi jangan hanya berbekal feeling dan perasaan jadi bikin salah jurusan. Tapi berkaca dari hasil UTBK,” ujarnya. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button