Nasional

KKP: Kampung Ikan Sejahterakan Petani

Dalam menentukan program Kampung Ikan, lanjutnya, maka akan ditelusuri terkait eksistingnya dari aspek ekonomi dan sosial-masyarakat, produksi jenis ikan apa, serta kondisi pasarnya, hingga teknologi eksisting yang sudah digunakan seperti apa.

Yayan juga menuturkan, teknologi yang diperkenalkan sifatnya harus murah dan mudah dilakukan oleh masyarakat karena bila terlalu rumit dinilai akan sia-sia.

Sejumlah contoh kampung ikan antara lain adalah Kampung Ikan Mas Mustika di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Kampung Nila di Desa Ngremboko, Sleman, Yogyakarta, Kampung Gurame di Nagari Suliki, Sumbar, Kampung Lele di Prabumulih, Sumsel, dan Kampung Kakap Putih di Bali

Terkait budidaya, sebelumnya Kementerian Kelautan dan Perikanan dilaporkan menggenjot produktivitas budidaya dari berbagai komoditas unggulan sektor kelautan dan perikanan dalam rangka melesatkan angka ekspor perikanan nasional dari sektor tersebut.

Sekjen KKP Antam Novambar dalam siaran pers di Jakarta, Senin (24/5), menyatakan secara keseluruhan nilai ekspor perikanan Indonesia pada 2020 mencapai angka 5,2 miliar dolar AS, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya sebesar 4,9 miliar dolar.

Sedangkan komoditas perikanan yang menjadi andalan ekspor Indonesia saat ini diantaranya udang, tuna-cakalang, cumi-sotong-gurita, rajungan-kepiting dan rumput laut.

“Udang dan rumput laut sebagian besar merupakan hasil perikanan budidaya sementara tuna-cakalang, cumi-sotong-gurita dan rajungan-kepiting merupakan hasil perikanan tangkap,” ujar Antam Novambar. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button