Nasional

Pemulihan Wilayah Timur RI Dorong Pertumbuhan Nasional

Kemudian melakukan reformasi struktural melalui Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan regulasi turunannya untuk meningkatkan investasi serta percepatan pembangunan infrastruktur melalui Proyek Strategis Nasional (PSN).

Selanjutnya, mendorong realisasi pengeluaran pemerintah untuk mengungkit percepatan pemulihan dan transformasi ekonomi dan meningkatkan aktivitas ekspor.

“Potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Pulau Sulawesi, Maluku, Papua dan wilayah timur Indonesia lainnya seharusnya bisa lebih dioptimalkan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Di sisi lain, menurut Wahyu adanya keterbatasan anggaran dan potensi kebencanaan di wilayah timur Indonesia menjadi suatu tantangan tersendiri dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.

Meski demikian, ia memastikan pemerintah telah menyediakan alternatif-alternatif skema pembiayaan untuk pembangunan yang beberapa di antaranya sedang disusun payung hukumnya.

Selain itu, pemerintah juga melakukan optimalisasi pemanfaatan aset melalui hak pengelolaan aset terbatas, land value capture, dan Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Instrumen-instrumen kebijakan dan regulasi, serta potensi-potensi daerah dan komitmen kuat dari pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat segera mempercepat pemulihan perekonomian,” tegasnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button