Nasional

Gangguan Prostat Tidak Berkorelasi dengan Kemandulan

Hal ini dikarenakan saluran buang air kecil telah dipasangi alat bantu berupa selang kateter untuk saluran pembuangan air kemih (kencing).

Akibatnya, banyak penderita prostat stadium lanjut tidak bisa lagi berhubungan seksual. “Jadi penderita yang telah sakit parah bukan berarti tidak bisa menghamili.

Akan tetapi dengan kondisi itu, tidak mungkin untuk melakukan berhubungan dengan pasangan karena terhalang oleh selang kateter,” katanya menjelaskan.

Dilihat dari tataletaknya, organ prostat berada tepat di bawah kandung kemih dan melingkupi saluran kencing bagian bawah. Pembesaran prostat adalah hal yang wajar dialami oleh semua laki laki usia lanjut.

“Apabila terjadi pembesaran prostat maka dia akan menghimpit saluran kencing sehingga menimbulkan gangguan sumbatan pada saluran kencing,” paparnya

Gangguan yang timbul karena faktor pembesaran prostat adalah penyumbatan yang dapat menimbulkan kencing batu, keluar darah karena infeksi, gangguan fungsi ginjal dan lain sebagainya.

“Efek dari penyumbatan tersebut yang membuat air kencing susah keluar. Akan tetapi hal ini tentu tidak mempengaruhi kualitas sperma yang ada. Dan, prostat juga termasuk salah satu organ tubuh manusia yang memproduksi air mani,” katanya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button