Nasional

Transplantasi untuk Dukung Pertumbuhan Terumbu Karang Alami

Dalam diskusi tersebut, yang digelar bertepatan dengan Hari Laut Sedunia dan memperingati Hari Segitiga Terumbu Karang yang jatuh pada 9 Juni, Manajer Program Ekosistem Kelautan Yayasan Kehati Yasser Ahmed menjelaskan rehabilitasi dengan modul PVC dapat menjadi media untuk transplantasi.

Hal itu telah dilakukan Yayasan Kehati ketika melaksanakan rehabilitasi di dua titik di kawasan wisata Pulau Sangiang di Selat Sunda.
Menurut Yasser, hasil pemantauan memperlihatkan tingkat bertahan transplantasi menggunakan pipa PVC sampai dengan 67 persen, dengan rehabilitasi dapat dianggap berhasil jika tingkatnya berada di atas 50 persen karena sudah menyerupai ekosistem asli.

Selain itu anakan terumbu karang berhasil juga tumbuh alami pada terumbu buatan dengan pada 2019 terdapat 40 anakan berhasil tumbuh dan meningkat menjadi 335 pada 2020.

“Ini angka yang cukup tinggi awalnya di tahun pertama lebih dari 40 kemudian di tahun kedua dicapai angka 335 total anakan karang yang tumbuh secara alami,” katanya.

Yasser berharap transplantasi dengan modul PVC itu dapat memperkaya metode rehabilitasi terumbu karang di Indonesia, karena materialnya ramah lingkungan dengan proses mudah. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button