Nasional

Indikasi Runtuhnya Ekologi Mulai Terlihat

Sementara itu, Manajer Kampanye Keadilan Iklim WALHI Yuyun Harmono mengatakan jika model sosial, politik, ekonomi tidak diubah maka tidak akan tercapai hak rakyat atas sumber kehidupan dan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan untuk rakyat.

“WALHI memiliki misi untuk itu. Kami beranggapan yang paling baik mengelola sumber daya dan lingkungan ya masyarakat itu sendiri, karena mereka punya ilmu sendiri yang mempengaruhi faktor sosial dan lingkungan di tingkat mikro atau lokal,” kata Yuyun.

Praktik masyarakat merawat Bumi secara turun temurun itu menjadi pandangan tanding bagi model ekonomi yang ada saat ini. Namun yang, menurut dia, menjadi persoalan adalah bagaimana mengubah paradigma yang fokus hanya pada pertumbuhan ekonomi saja, bukan kesejahteraan rakyat.

“Selain kita kritisi dan tolak ekonomi eksploitatif, kita tawarkan ekonomi lebih adil dan berkelanjutan. Lewat penerbitan buku Ekonomi Nusantara sebagai solusi untuk pemulihan lingkungan hidup di Nusantara. Itu tawaran tanding untuk ekonomi pertumbuhan yang ada sekarang,” ujar Yuyun. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button