Nasional

Program Customs Visit Customer, Bea Cukai dan Pengguna Jasa Tuai Banyak Keuntungan

Tak berbeda dengan Bea Cukai Cikarang, penggalian potensi ekspor melalui program CVC juga dilakukan Bea Cukai Kediri dengan mengunjungi UD Rumah Rempah yang berlokasi di Desa Manyaran Kabupaten Kediri. Produk-produk olahan rempah berkualitas yang dihasilkan oleh pelaku UMKM tersebut telah berhasil menembus pasar ekspor ke negara Rumania.

“Potensi ekspor tidak hanya dimiliki oleh produk dari industri besar, tetapi industri kecil dan menengah (IKM) juga mampu meningkatkan kontribusi ekspornya jika mampu membaca keunggulan produk dan potensi pasar. Untuk itu, Bea Cukai Kediri mengasistensi UD Rumah Rempah agar dapat melakukan ekspor secara mandiri, karena selama ini perusahaan membuat olahan produk rempah, seperti ekstrak jahe, kunyit, dan lainnya, dan telah beberapa kali melakukan ekspor ke luar negeri, tetapi dengan bantuan jasa pihak ketiga atau ekspor undername. Hal tersebut tentu membuat ongkos pengiriman produknya menjadi lebih tinggi,” jelasnya.

Lewat CVC, Bea Cukai Kediri membuka ruang diskusi untuk menemukan solusi atas kendala yang dialami perusahaan, yaitu bentuk usahanya yang masih berupa usaha dagang (UD), sedangkan untuk menjadi eskportir secara mandiri bentuk usahanya minimal CV.

“Kami juga memberikan gambaran prosedur yang dilakukan bila melakukan ekspor secara mandiri, serta kelebihan dan kekurangannya. Diharapkan jika UD. Rumah Rempah telah mampu melakukan ekspor mandiri dapat mengurangi biaya pengiriman serta meningkatkan keuntungan dari penjualan produknya,” ujar Sudiro.

Selain mendorong ekspor, Sudiro menyebutkan keuntungan lain dari CVC ialah peningkatan kepatuhan pengusaha. “Program CVC ini pun sangat membantu dalam hal meningkatkan kepatuhan pengguna jasa, khususnya di bidang cukai. Seperti dalam kunjungan Bea Cukai Pasuruan ke PR. Sari Radjang untuk melakukan monitoring dan evaluasi kepatuhan pengusaha barang kena cukai (BKC). Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi kepatuhan pengusaha BKC, kami berharap perusahaan dapat senantiasa mematuhi ketentuan di bidang cukai,” tutupnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button