Nasional

Kemenaker Antisipasi Kepulangan 7.300 TKI Bermasalah

Dalam proses pemulangan tersebut akan diprioritaskan pemulangan PMI yang masuk dalam kategori rentan seperti orang tua, ibu hamil dan anak-anak yang berada di tahanan. Proses pendataan sendiri masih berlangsung di berbagai tahanan imigrasi di Malaysia yang dilakukan secara bersamaan antara Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, UPT dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Mengantisipasi kebijakan pemerintah Malaysia memberlakukan “lockdown” atau penutupan total, Anwar mengatakan pihaknya juga telah meminta Atase Ketenagakerjaan melalui koordinasi dengan perwakilan RI untuk mengantisipasi pengaduan apabila ada PMI yang juga ikut diliburkan karena ketentuan dari pemerintah Malaysia.

Sementara penanganan kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah dari negara penempatan selain Malaysia, ia mengatakan penanganan kepulangan dilakukan secara terkoordinasi antar kementerian dan lembaga termasuk TNI dan Polri, serta pemerintah daerah.

“Yang masih jadi kendala dalam pemulangan PMI bermasalah antara lain belum adanya alokasi anggaran di beberapa pemda, baik untuk penanganan kepulangan ke daerah asal maupun untuk pelaksanaan karantina kesehatan,” tutur Anwar. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button