Nasional

Kembangkan Hortikultura, Pemerintah Tingkatkan Kemitraan

Hasil panen dipasok ke beberapa pasar modern dan jaringan supermarket di Indonesia seperti Ranch market, Transmart, Total Buah Segar, Tanihub, Sayurbox, Superindo, Farmers Market, Rezeki, Maxim, dan Lottemart.

Tak hanya itu, pada Selasa (24/5/2021) telah dilakukan panen perdana pisang cavendish yang merupakan kemitraan dengan mengoptimalkan aset idle seluas 35 hektare milik PT Gistex Chewon Shynthetic di Purwakarta yang digarap oleh petani sekitar.

Hasil produksinya juga sudah mengikuti permintaan dari perusahaan offtaker yaitu PT Laris Manis Utama (LMU) dan PT Sewu Segar Nusantara (SSN).

“Dalam merencanakan tanam, petani perlu mengetahui kebutuhan pasar serta bermitra dengan offtaker sehingga petani tidak khawatir akan terjadinya penurunan harga karena telah memiliki pasar yang jelas,” kata Yuli.

Selanjutnya, setelah penguasaan sisi hilir, pemerintah juga memperhatikan masalah pendampingan intensif kepada petani khususnya penerapan teknologi yang dapat mendukung agribisnis terpadu dan modern.

Staf Ahli Menteri Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kemenko Perekonomian Edi Priyo Pambudi menambahkan kemitraan yang dilakukan di Purwakarta ini menunjukkan kolaborasi antar-stakeholder dapat membuka peluang baru dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada.

“Sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19. Kolaborasi dapat terus dikembangkan untuk menyatukan kekuatan dan saling mendukung,” katanya.

Menurutnya, skema yang dijalankan CAP dapat menjadi role model yaitu perlu dibuat suatu desain kolaborasi ekonomi antar-stakeholder yang terlibat dalam agribisnis hortikultura khususnya menyinergikan insentif pemerintah dan dukungan pelaku usaha.

Ia berharap setelah kegiatan panen ini akan semakin banyak petani yang ikut sehingga dapat menambah luas area pertanaman di daerah lain dan meningkatkan kapasitas produksi dan jenis komoditas pertanian.

“Ini dapat menambah varian produk olahan dengan tetap menjamin kualitas terbaik dan dapat membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi petani Indonesia,” tegasnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button