Nasional

Stok dan Harga Cabai Bawang Jelang hingga Pasca Idulfitri Aman

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berhasil kendalikan pasokan dan harga 11 komoditas pangan strategis jelang hingga pasca Idulfitri 1442 H. Termasuk pada komoditas aneka cabai dan bawang merah yang tidak bergejolak pada lebaran tahun ini.

Bukan hal yang asing jika harga kedua komoditas hortikultura itu selalu pedas jelang lebaran. Namun tahun ini lain cerita. Stok cukup dan harga stabil, bahkan Harga di Pasar Induk Kramat Jati berangsur turun sejak 3 hari jelang lebaran hingga Senin (17/5) kemarin.

Harga cabai merah keriting pada H-3 lebaran Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu pada H-1 dan terus turun hingga Rp20 ribu pada H+4 lebaran. Hal yang sama juga terjadi pada cabai merah besar yang mulanya Rp50 ribu/kg turun menjadi Rp35 ribu/kg hingga Rp25 ribu/kg. Cabai rawit merah pun demikian, sempat menyentuh Rp 50 ribu/kg pada H-3 namun kembali turun menjadi Rp40 ribu/kg pada H-1 dan Rp 33rb/kg pasca lebaran.

Cerita yang sama pada komoditas bawang merah dan bawang putih yang harganya cenderung lebih stabil jelang hingga pasca lebaran. Harga bawang merah pada kisaran Rp20-23 ribu/kg dan bawang putih Rp18-19 ribu/kg.

Diwawancara ditengah-tengah kesibukannya, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa semua keberhasilan itu tak lepas dari kinerja semua pihak. Khususnya Jajaran Kementerian Pertanian yang telah mengkalkulasikan kebutuhan dan ketersediaan secara tepat sejak Januari 2021 serta melakukan upaya-upaya nyata antisipasi stok.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button