Nasional

Ditjen Vokasi Kemendikbudristek Luncurkan Sembilan Skema Beasiswa

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan sembilan skema pembiayaan yang terdiri atas program gelar dan nongelar bagi sumber daya manusia (SDM) pendidikan vokasi di Tanah Air.

“Berbagai skema pembiayaan studi yang diluncurkan merupakan perwujudan dari Merdeka Belajar yang selama ini digaungkan sebagai strategi meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun vokasi dan profesi,” ujar Wikan Sakarinto dalam keterangan di Jakarta, Rabu (5/12/2021).

Pendidikan vokasi sendiri membutuhkan SDM yang tidak hanya unggul, tetapi juga kompeten agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), serta mampu menjawab kebutuhan pembangunan bangsa di masa depan.

“Program beasiswa ini menawarkan kemerdekaan, keluwesan dan fleksibilitas, namun tetap menekankan substansinya. Tantangannya cukup berat, karena mempertaruhkan relevansi dan kualitas,” katanya.

Sembilan program beasiswa tersebut di antaranya program beasiswa S1/D4 calon guru SMK, beasiswa pendidikan bergelar dosen dan calon dosen perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV), Bridging course vokasi, Kampus Merdeka vokasi, magang dosen dan tenaga kependidikan PTPPV serta sertifikasi dosen dan tenaga kependidikan PTPPV.

Selain itu beasiswa juga bisa digunakan untuk riset keilmuan terapan dalam negeri-dosen perguruan tinggi (PT) vokasi, program project based learning/praktik kerja lapangan bersertifikat bagi siswa SMK, baik di dalam negeri maupun luar negeri) serta program project based learning/magang bersertifikat guru SMK baik di dalam negeri maupun luar negeri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button