Nasional

PJJ Dinilai Gagal, Pengamat: Rumah Itu Sentra Pendidikan

INDOPOSCO.ID – Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengingatkan, agar pemerintah mempersiapkan rumah sebagai sentra pendidikan. Hal ini sesuai dengan falsafah Ki Hajar Dewantara “ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayaniā€¯.

“Falsafah Ki Hajar Dewantara itu menjadikan rumah sentra pendidikan. Kalau yang dianut sekarang entah falsafah dari mana?” tegas Indra Charismiadji kepada INDOPOSCO.ID, Rabu (5/5/2021).

Ia menyebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) gagal dalam mengelola pendidikan di masa pandemi Covid-19. Dalam masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) mereka telah mengeluarkan tiga surat keputusan bersama (SKB).

“Semuanya (SKB) merujuk pelaksanaan pelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Artinya mereka gagal melaksanakan PJJ,” ungkapnya.

Menurut Indra, Kemendikbud Ristek harus melakukan evaluasi mendalam pada pelaksanaan PJJ di masa pandemi, sebelumnya menerapkan PTM terbatas. Hal ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Kita tidak menginginkan Indonesia seperti India. Tapi dengan lonjakan kasus Covid-19 saja, pemerintah harus kembali menerapkan PJJ. Itu untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan bersama,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button