Nasional

Ketum PGRI Dukung Program Pangan SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun

INDOPOSCO.ID – Setelah sukses dengan mobil listrik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur melebarkan sayapnya di dunia pangan. Dengan melakukan budidaya umbi Porang.

Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan Sampun Hadam mengatakan, umbi Porang tersedia banyak di Jawa Timur. “Di Jawa Timur ukuran umbinya besar bisa mencapai 12 kilogram per buah,” ujar Sampun Hadam dalam keterangan, Rabu (5/5/2021).

Menurut dia, saat ini SMK Model PGRI 1 Mejayan tidak sekadar berpikir praktik di sekolah, tetapi di masyarakat. Apalagi mayoritas Porang tumbuh liar di hutan-hutan, padahal nilainya sangat luar biasa.
“Setelah kami dapat COD (Cash On Delivery), punya lapak, kita baru produksi. Kami ingin mengembangkan Porang sebagai produk pangan berstandar ekspor,” terangnya.

Ia menyebut, rumah produksi Porang nanti dikembangkan oleh SMK. Sementara untuk bahan bakunya diambil dari petani. Setelah bahan baku dikelola, lalu hasilnya dikembalikan ke petani. “Petani kan saat menanam, saat produk ini diolah akan menjadi UMKM. Kami ingin mereka jadi UMKM milenial,” katanya.

Sampun menjelaskan, Porang bisa diolah menjadi berbagai macam. Sehingga memiliki manfaat yang banyak. Mulai dari bakso, tahu, sampai daging porang macam-macam. “Produk Porang ini, akan kami ekspor ke Jepang dan Tiongkok. Dan sejauh ini Porang diproduksi dalam bentuk chip kering dan makanan,” bebernya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button