Nasional

Cegah Kecurangan, Satgas Minta Pangdam Awasi Kepulangan Pekerja Migran Indonesia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah telah mengetatkan pengawasan di pintu masuk wilayah Indonesia untuk mencegah adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam meloloskan warga negara asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa menjalani proses karantina. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya varian virus Covid-19 dari luar negeri.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan untuk mengetatkan mekanisme skrining dan karantina dengan mengoptimalkan peran TNI/Polri.

“Bahwa seluruh kepulangan pekerja migran akan dikoordinasikan oleh Panglima Kodam (Pangdam) bekerjasama dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di seluruh daerah,” kata Wiku Adisasmito, Rabu (5/5/2021).

Menurut dia, Pangdam dan Kapolda akan bertugas mengintegrasikan dalam satu komando, kepada instansi pusat yang ada di daerah. Yaitu Kantor Imigrasi, Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI), dinas tenaga kerja di daerah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dari Kementerian Kesehatan, dan Kantor Bea Cukai.

“Hal ini untuk mengontrol masuknya pelaku perjalanan internasional termasuk antisipasi terhadap peluang oknum-oknum yang menyalahgunakan peluang yang ada,” tegas Wiku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button