Nasional

RSPAD Klaim Penelitian VakNus Ikuti Kaidah Ilmiah

Mengenai gejala ikutan sebagai akibat pemberian vaksin, di antaranya rasa sakit, demam dan lainnya, kata dia, hal itu merupakan hal biasa. “Itu kan gejala-gejala yang bisa diatasi. Artinya itu adalah efek samping ya, tapi bisa diatasi barangkali kalau yang gejala-gejala normal, yang muncul-muncul itu bidang pokok penelitian pasti itu lah yang akan dicatat gejala efek samping,” jelasnya.

Efek samping dalam uji coba penelitian itu, lanjut dia, akan dicatat dan dilaporkan kepada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan TNI tidak akan menutup-nutupi semua gejala yang muncul selama proses penelitian.

“Semua gejala-gejala tidak ada yang ditutupi atau tidak dilaporkan. Jadi semua gejala akan dilaporkan. Dan nanti tentu saja yang nanti akan menilai adalah BPOM, apakah gejala ini bisa layak dan sebagainya dalam vaksin ya, tapi itu hal yang biasa,” tandasnya dilansir Antara.

Vaksin lainnya, kata dia, juga kerap memicu gejala efek samping. “Karena vaksin-vaksin yang lain pun ada pegal-pegal badannya, kadang-kadang sakit di tempat suntikan, jadi lemas dan sebagainya, itu semua gejala-gejala tersebut juga barang kali juga muncul pada vaksin-vaksin yang lain,” ucapnya. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button