Nasional

Peningkatan Pendapatan, Kementan Buka Wawasan Petani Berproduksi

Menurutnya, IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi, tujuannya mencapai keberlanjutan sistem irigasi baik kewenangan pusat, provinsi maupun kabupaten sehingga dapat mendukung tercapainya swasembada beras yang menjadi target Nawacita.

“IPDMIP berupaya realisasi potensi pengurangan kemiskinan, mengacu pengalaman pembangunan irigasi selama ini,” kata Achmad didampingi Tenaga Ahli Value Chain IPDMIP Jati Nohanto.

Petani padi irigasi IPDMIP berupaya meningkatkan pendapatan dari komoditas hortikultura seperti dikemukakan Rani Agustin, staf Lapang IPDMIP Kota Agung Timur seperti talas beneng tumpang sari dengan pepaya dan porang karena harganya bagus di pasaran.

Khusus tanaman bernilai ekonomis tinggi, petani Tanggamus sudah mulai menanam talas beneng, bekerja sama dengan pihak swasta dalam pemasaran hasil panen daunnya. Porang pun sudah dikenal sebagian petani Tanggamus, dengan mengoptimalkan lahan kering untuk menambah pendapatan keluarga petani.

”Talas beneng saat ini ditumpangsarikan dengan kebun pepaya. Saya pun tertarik pada varietas talas pratama yang saya tahu dari media sosial,” ujar seorang peserta workshop pada diskusi tentang prospek talas pratama di Tanggamus yang geografisnya dikelilingi pegunungan.

Dalam diskusi, Tim IPDMIP lebih banyak mendengarkan pengalaman petani bersama IPDMIP, dengan meminta peserta workshop lebih banyak berinteraksi, untuk memberikan pengalaman terbaiknya dalam bertani.

”Kami berusaha mengubah kebiasaan, tidak selalu narasumber memberi ceramah dan teori, justru ilmu itu dari peserta yang sudah pengalaman bertani, yang penting mereka sudah ‘tamat’ urusan untung dan rugi berusaha tani,” kata Achmad.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tanggamus Hasanudin mengharapkan petani mengembangkan diri menjadi pedagang, agar hidupnya sejahtera. Hal itu ditanggapi peserta, yang berharap ada kegiatan lanjutan dari workshop seperti koperasi, untuk menangani produksi kelompok secara korporasi atau kemitraan. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button