Nasional

Pemuda Harus Mampu Merespon Situasi Global Saat Ini

“Sebab dengan memanfaatkan sektor kelautan yang dilalui berbagi aktivitas pelayaran dan perdagangan dunia dengan keterbukaan informasi, meskinya pemuda Indonesia tidak hanya bernostalgia pada isu masa lalu tentang konflik ideologi, tapi mampu melahirkan gagasan besar tentang kamartiman dan kelautan,” bebernya.

Menghadapi perubahan tatanan global saat ini dengan mengandalkan perubahan informasi yang cepat, maka pemuda harus dapat memaknai perubahan itu dengan memiliki kemampuan untuk mampu memverifikasi isu agar perubahan isu dapat disesuaikan kebenaranya.

Tujuannya, agar pemuda mampu menjadikan perubahan isu tersebut dengan sikap strategis agar tidak terjebak pada konflik elite dengan menjadikan ideologi dan SARA sebagai pemicunya.

Dalam hal ini, pemuda mestinya dapat membangun diskursus tentang fakta-fakta geografis dengan menjadikan hasil diskursus sebagai wacana global agar dapat bergaul secara global dalam perubahan tatanan dunia baru.

Melihat aspek maritim yang sangat dominan, maka pemuda harusnya memulai dengan memahami krakteristik bangsa dan negaranya, sehingga mampu melahirkan pemuda futuristik yang dapat membawa Indoneisa menuju generasi emas di abad 21.

“Dari posisi strategis dengan keterbukaan informasi, jika dimanfaatkan dengan cara strategis, maka dengan sendirinya pemuda akan menepatkan posisinya sebagai garda terdepan dalam membawa Indonesia menjadi bangsa yang dapat menentukan arah pergaulan di dunia internasional dengan berbagai agenda strategis,” pungkasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button