Nasional

Memiliki Enam Skema Lisensi, Sertifikat Relisensi LSP P2 KPK Diserahkan BNSP

“Relisensi ini dibutuhkan agar LSP dapat tetap melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja terkait,” terangnya.

Kunjung menutuekan, sertifikat Relisensi ini diberikan sebagai bentuk implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 10 tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Bahwasanya dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi, menurutnya, BNSP memberikan lisensi dan relisensi kepada LSP yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi.

“Sertifikat kompetensi adalah produk hukum yang menjadi bukti pengakuan terhadap capaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu. Bukti pengakuan atau legitimasi ini diberikan oleh BNSP kepada asesi/ tenaga kerja terkait,” katanya.

“Tujuannya adalah untuk memastikan kompetensi seseorang yang didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan maupun pengalaman kerja,” imbuhnya.

Adapun kredibilitas pelaksanaan sertifikasi, dikatakan Kunjung, sangat ditentukan oleh LSP pemberi sertifikatnya dan professional judgement yang dimiliki para Asesor Kompetensi. Perlu diketahui, dalam kesempatan yang sama, Sertifikat Relisensi ini juga diberikan oleh Pimpinan KPK kepada forum Penyuluh Antikorupsi (PAK) dan Ahli Pembangunan Integritas (API), sekaligus diskusi mengenai kode etik dalam KPK. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button