Nasional

Pascateror, Jaminan Keamanan dari Panglima TNI Bergema dari Timur Indonesia

INDOPOSCO.ID – Aksi bom bunuh diri di Gereja Kathedral Hati Yesus Maha Kudus di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan penembakan di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta, sempat membuat umat Kristiani cemas mengikuti rangkaian ibadah Hari Paskah.

Dua hari setelah insiden teror di Mabes Polri, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw langsung bergerak cepat meninjau kesiapan pengamanan di dua kota besar di daerah timur Indonesia, yaitu Makassar dan Manokwari pada 2-4 April 2021.

Kunjungan itu, yang turut diikuti oleh beberapa pejabat Mabes TNI dan Mabes Polri, ingin memberi pesan kepada masyarakat, khususnya umat Kristiani bahwa situasi di Indonesia akan terus aman mengingat ribuan pasukan gabungan TNI/Polri telah dikerahkan ke beberapa tempat, termasuk di antaranya rumah ibadah dan pusat-pusat keramaian.

Pengerahan pasukan, khusus untuk pengamanan rangkaian ibadah Hari Paskah, setidaknya telah dimulai sejak Kamis (1/4/2021) dan berakhir pada Minggu (4/4/2021).

Namun, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meyakinkan masyarakat bahwa pihaknya akan terus membantu kepolisian menjamin keamanan serta memelihara ketertiban setelah adanya aksi teror di Makassar dan Jakarta minggu lalu.

Hadi lanjut menerangkan pasukan gabungan TNI/Polri akan terus melaksanakan upaya pencegahan dan pemetaan potensi ancaman setelah rangkaian Hari Paskah. Upaya pencegahan dan deteksi dini itu salah satunya dilakukan melalui bantuan pengerahan personel serta informasi dari unit intelijen, kata Hadi pada sela-sela kunjungannya di Makassar.

Sementara itu, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan kepolisian, TNI, Badan Intelijen Negara, dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) akan terus bekerja sama meningkatkan kewaspadaan menghadapi ancaman terorisme.

“Sinergi antara Densus 88, BNPT, dan kami semua jajaran intelijen itu padu terus. Kami lakukan upaya-upaya mengawasi mereka (kelompok teroris),” kata Waterpauw di Makassar, Jumat (2/4/2021).

Aksi teror bom bunuh diri terjadi di depan gerbang Gereja Kathedral Hati Yesus Maha Kudus, Minggu (28/3/2021), sehingga menyebabkan dua pelaku teror tewas di tempat, sementara 19 orang luka-luka.

Beberapa hari kemudian, aksi penembakan oleh seorang perempuan berinisial ZA, 25, terjadi di halaman dalam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3/2021). Pelaku, yang diyakini beraksi seorang diri (lone wolf) masuk seorang diri ke Mabes Polri dan berupaya menembak polisi yang siaga di pos jaga. Namun, ZA pun langsung ditembak mati di lokasi kejadian.

Kepolisian meyakini dua aksi teror tersebut terkait dengan paham radikalisme terorisme. Untuk aksi bom bunuh diri di Makassar, kepolisian menyebut dua pelaku terhubung dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), sementara ZA diyakini terhubung dengan kelompok terafiliasi ISIS.

Pelaku bom bunuh diri, kata Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, minggu lalu, sempat terlibat pada operasi terorisme di Jolo, Filipina pada 2018.

Presiden Joko Widodo, satu hari setelah insiden di Mabes Polri, langsung memerintahkan panglima TNI, Kapolri, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan. Jokowi juga meminta mereka meyakinkan masyarakat bahwa situasi tetap aman terkendali.

Tidak lama setelah presiden memerintahkan jajarannya bergerak, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw langsung memeriksa pengamanan di empat gereja di Makassar dan satu gereja di Manokwari pada rangkaian ibadah Hari Paskah.

Sebelum bertolak ke dua kota besar itu, Hadi dan Paulus pada Kamis malam (1/4/2021) juga memeriksa langsung pengamanan di Gereja Katedral Jakarta.

Di Makassar, panglima TNI bersama rombongan meninjau pengamanan di Gereja Paroki Maria Ratu Kare, Gereja Manggamaseang, Gereja Immanuel, dan Gereja Kathedral Hati Yesus Maha Kudus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button