Nasional

Soal Ancaman Paham Radikalisme, MenPAN-RB: ASN Harus Berani Tentukan Siapa Lawan dan Kawan

Ketegasan memberantas radikalisme, terutama di lingkup ASN, sambung dia, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Penanganan Radikalisme ASN oleh 11 kementerian dan lembaga.

Sebelas kementerian/lembaga yang tergabung dalam penanganan radikalisme ASN juga telah membangun Portal Aduan ASN sebagai sistem pelaporan atas pelanggaran ASN dalam melakukan tindakan dan perilaku yang menentang atau membuat ujaran kebencian.

“Tantangan bangsa yang kedua adalah korupsi. Terutama pada area rawan seperti perencanaan, penganggaran, dana bantuan sosial, dana hibah, retribusi, penyediaan barang dan jasa, serta sebagainya,” jelasnya.

Masalah atau tantangan bangsa yang ketiga lanjut dia, adalah masalah penyalahgunaan narkotika. Ia meminta agar para ASN mengingatkan saudara, keluarga, dan teman-teman untuk menjauhi obat-obatan terlarang tersebut.

“Kemudian keempat adalah bencana alam dan non-alam. Banjir bandang, gempa bumi, dan gunung meletus bisa setiap saat terjadi. Apalagi Nusantara masuk dalam lingkar cincin api atau ring of fire, yakni zona dimana banyak terdapat aktivitas seismik yang terdiri dari busur vulkanik dan palung di dasar laut,” imbuhnya. (yah)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button