Nasional

DPR: Kilang Pertamina Rata-rata Sudah Tua

“Pertamina juga harus mempertimbangkan relokasi kepada masyarakat yang terdekat dengan kilang,” ucapnya.

Ia menyebut, karena kilang pertamina sudah banyak yang sudah tua, seperti kilang Balongan yang beroperasi sejak 1994, Pertamina harus berani mengubah sistem manajemen pemeliharaan peralatan. Hal ini untuk memastikan keandalannya dalam pengoperasian, walaupun ini akan menggerus keuntungan Pertamina.

“Pengujian peralatan secara berkala dan terpisah dari aktivitas operasional untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan peralatan yang bisa memicu kebakaran,” terangnya.

“Kalau memang benar kebakaran ini disebabkan petir, berarti ada peralatan anti petir yang tidak berfungsi normal, padahal teknologi anti petir di kilang ataupun di pabrik adalah sesuatu yg umum,” imbuhnya.

Terhadap peristiwa kebakaran kilang Balongan Indramayu, dikatakan Lamhot, Komisi VI DPR RI akan meminta penjelasan Pertamina mengenai penyebab dan dampak kebakaran kilang Balongan. Selain itu, Komisi VI juga akan meminta penjelasan mengenai mitigasi dan manajemen perubahan terkait safety procedure perangkat keras, perangkat lunak, mode operasi dan kesiapan SDM Pertamina.

“Kami akan meminta pertanggungjawaban Manajemen Pertamina terhadap banyak korban yang diakibatkan oleh kebakaran kilang tersebut, serta meminta jaminan Pertamina bahwa kejadian tersebut tidak akan terulang kembali,” tegasnya. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button