Nasional

Tak Henti Berikan Asistensi, Bea Cukai Harap IKM Sokong Ekonomi

Asistensi kemudian dilanjutkan oleh Bea Cukai Cirebon bersama Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon yang mendampingi UKM Agro Sweet dalam konsultasi mengenai proses ekspor produk gula aren dan gula kelapa. Dalam asistensi ini Agro Sweet berencana akan melakukan ekspor gula aren ke negara Uzbekistan. Pihak Bea Cukai kemudian berharap agar keberhasilan Agro Sweet ini dapat menginspirasi rekan UKM yang lain di Kota Cirebon.

Di tempat lain, Bea Cukai Madura melalui Klinik ekspor memberikan asistensi kepada UD Alamanda Agung sebagai bentuk langkah IKM untuk melakukan ekspor secara mandiri. Asistensi diberikan dalam bentuk pengenalan modul Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) kepada IKM yang dimaksud.

UD Alamanda Agung merupakan IKM yang berlokasi di Pamekasan dengan produk Teh Bugie, teh celup herbal yang merupakan teh dari daun bidara, daun kelor, dan kapulaga yang direncanakan akan diekspor ke Singapura.

”Kami tidak henti-hentinya melakukan asistensi dan pendampingan kepada masyarakat yang ingin membuat perekonomian Indonesia semakin baik. Kami bagian dari pemerintah akan senantiasa mendengarkan dan memfasilitasi segala bentuk upaya tersebut. Kami harap dengan adanya Bea Cukai bagi IKM ini, akan mampu meringankan beban yang diakibatkan efek Pandemi Covid-19 kepada para IKM dan menjadi salah satu program menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Syarif. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button