Nasional

Bea Cukai Kawal Ekspor Ikan dan Produk Perikanan

Sebelumnya, pada 8 Maret 2021, 10 ton frozen tuna juga diberangkatkan dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung ke Australia oleh CV. Ken Jaya Perkasa. Kepala Kantor Bea Cukai Bitung, Agung Riandar Kurnianto dalam pelepasan ekspor perdana tersebut mengungkapkan harapannya bahwa dengan ekspor perdana bisa menambah potensi muatan kontainer ekspor sehingga menarik minat perusahaan pelayaran internasional untuk membuka jalur pelayaran langsung ke luar negeri.

Ekspor ini pun diharapkan dapat mendorong perusahaan lainnya untuk dapat juga berkontribusi memajukan Sulawesi Utara dengan menghasilkan produk-produk perikanan yang unggul dan diterima di mancanegara.

Ia pun menyatakan, kesiapan Bea Cukai Bitung untuk memfasilitasi CV Ken Jaya Perkasa dan perusahaan lainnya dalam hal pengembangan usaha. ”Kami siap memberikan bantuan dan dukungan kepada CV Ken Jaya Perkasa dan pelaku usaha lainnya dalam pengembangan usaha dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada seperti fasilitas kawasan berikat, KITE/kemudahan impor tujuan ekspor, dan juga proses kepabeanan lainnya yang dibutuhkan. Semua layanan diberikan tanpa pungutan biaya,” ujarnya.

Selain ekspor ikan, ekspor produk perikanan juga tak luput digiatkan Bea Cukai. Terbukti dengan pelepasan ekspor kepiting hidup milik CV Tiga A dengan negara tujuan China oleh Bea Cukai Banjarmasin pada 5 Maret 2021. Kepiting hidup sebanyak 93 koli dengan berat total hampir tiga ton tersebut diekspor lewat jalur udara dengan transit di Jakarta.

”Ekspor komoditas perikanan di Kalimantan Selatan memang memiliki potensi yang cukup besar. Rencananya untuk ekspor komoditas perikanan akan dilaksanakan secara berkala. Seluruh Komoditi yang diperoleh merupakan hasil perikanan di Kalimantan Selatan yang dikumpulkan oleh CV Tiga A. Kami berharap dengan adanya ekspor ini dapat mendorong dan meningkatkan ekspor di Kalimantan Selatan terutama untuk komoditas perikanan,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin Kurnia Saktiyono.

Penggalian potensi ekspor ikan dan produk perikanan dan kesiapan Bea Cukai mengawal para pelaku usaha untuk dapat menembus pasar ekspor produk perikanan pada akhirnya ditujukan untuk memberikan kontribusi aktif pada kemajuan perekonomian Indonesia secara keseluruhan. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button